Kilas Balik Menjelang 2015 (Behind The Shoot)

Tahun 2014 sudah pada usia senjanya, sebentar lagi dia akan pergi untuk selama-lamanya dan tak akan pernah menoleh kembali kebelakang, sementara tahun 2015 sudah hampir pecah air ketubannya dan akan lahir kebumi dalam hitungan hari.

ada kalanya untuk mengingat hal-hal yang indah dan unik yang terjadi sebelum tahun 2015 tiba, berikut ini adalah sejumlah foto-foto yang menurut saya memiliki cerita yang berkesan dibalik pengambilannya. check this out

1. Foto Pertama Dengan Lensa Baru



 Foto pertama yang saya ambil dengan menggunakan lensa baru..hemmmm tak ada yang lebih menyenangkan dibanding mencoba hal yang pertamakali apalagi dibeli dengan hasil keringat sendiri *Senyum*.
Saya selalu ingat bagaimana bahagia dan bangganya saya pada saat itu, melihat hasil gambar yang lumayan bagus dan cukup memuaskan dengan lensa baru yang saya punya.

2. Digangu Makhluk Halus (Katanya)


Salah satu foto yang akan selalu saya ingat, sederhana dan tampak biasa memang, tapi mengingat proses dan hal yang terjadi setelah itu adalah yang menarik.
Tepatnya pada bulan januari, Saya memutuskan untuk hunting tema Hijab ditempat yang menurut saya menarik, yaitu bekas villa tua yang memang sudah kosong sekitar 10 tahun. Villa tersebut sudah hancur namun memiliki lapangan yang luas dengan pohon palem setinggi lebih dari 10 meter.

Bangunannya tua, tak terawat, semua dinding telah menghitam dan ditumbuhi tanaman jalar, udara disitu tampak sangat lembab. beberapa tahun lalu saya ingat ada salah seorang warga yang bunuh diri dengan cara menggantung dirinya tepat didalam villa.

Tapi saya adalah orang yang realistis, saya percaya hal ghoib (Allah,Malaikat,Jin,Setan) tapi saya tak terlalu memikirkan dan menghawatirkan keberadaan makhluk halus karna menurut saya bumi ini adalah milik Allah, kita para manusia adalah makhluk paling sempurna, jadi tak perlu menghawatirkan apa-apa selain Allah. apalagi hanya untuk hal hal yang kata orang adalah jin dan hantu, Saya tak mau gerak saya terhalangi dengan omongan-omongan tentang makhluk halus, bagi saya tempat yang kosong ya hanyalah tempat yang kosong..siapapun boleh masuk dengan niat yang positif.

Proses foto dimulai minggu pukul 12:00 siang, model-model saya sudah berpakaian rapih dan berdandan full. proses pun dimulai dengan lancar meski model-model saya memang agak takut dengan tempat tersebut.

pukul 15:00 foto selesai tanpa ada halangan, cahaya yang terik membuat saya tak perlu repot dalam mengatur pencahayaan. setibanya dirumah kepala saya terasa pusing (cenat-cenut), dan saya memutsukan untuk istirahat dan segera bergegas.
Mustika Ariani



Senin: january 2014 pukul 15:00
Pusing dikepala belum hilang dan malah menjadi-jadi, ketika sore hari badan saya lemas dan  saya merasa saya kurang enak badan karna terlalu lelah atau mungkin karena kemarin terpapar sinar matahari, pada malam itu saya demam dengan punggung terasa sedikit hangat dan leher seperti berat.

Selasa : January 2014 
Pagi hari badan saya telah normal kembali, sehat dan tak ada lagi lemas yang saya rasakan, tapi itu tak berlangsung lama, ketika sore hari menjelang maka semua rasa berat dibagian leher dan rasa hangat dibagian punggung kembali terasa. pada kala itu saya merasa bahwa saya benar-benar sakit dan harus istirahat beberapa hari, tapi karena jadwal kuliah jadi saya terpaksa tetap masuk.

Rabu : (ketika sholat subuh)

Ada yang aneh yang baru saya sadari pada hari ini. setiap saya sholat saya merasa telinga saya seperti orang yang ditutup. suara yang saya dengar sangat kecil seperti ada yang menghalangi. dan leher saya semakin terasa berat ketika sedang beribadah.

Jasmine Aulia

Ketika dikampus saya merasakan hal aneh, badan saya lemas dan saya memutuskan untuk tidak berbicara dengan siapapun pada kala itu karena kurang enak badan. ketika saya sedang menulis tiba-tiba tangan saya kaku (seperti kesemutan & keram) namun ada sentakan-sentakan kecil yang saya rasakan didalamnya sampai saya terdiam dan mengamati tangan saya sendiri hingga beberapa saat.

hari ini saya benar-benar sakit, benar-benar kurang tenaga, punggung saya semakin hangat bahkan agak panas serta leher yang semakin berat sehingga saya tampak menunduk.

Kamis.

Sholat subuh pagi ini sama seperti kemarin, suara yang saya dengar kecil sekali, leher dan punggung makin terasa keanehannya, pada saat itu saya bahkan hampir menangis karna rasa berat dileher yang saya rasakan. cuma saya tidak ingin terlihat aneh didepan keluarga saya maka dari itu saya bersikap seperti biasa.

pada hari itu saya ada jadwal laboratorium komputer, saya yang biasa ceria duduk disebelah sahabat saya kini menjadi terdiam karna lelah. ditengah sesi pelajaran tiba-tiba pandangan saya kabur dan kurang jelas. saya bertanya kepada sahabat saya (deden).

"Den..burem ya layarnya?", tanya saya.
"nggak ah..biasa". jawab deden.

saking lelahnya saat itu, saya memutsukan untuk mengabaikan pelajaran lab dan tidur dikursi lab. tiba-tiba saya mendengar ada seseorang yang memanggil dengan suara berat seperti laki-laki usia 40 tahun.

"BAL" panggil suara yang entah darimana

tiba-tiba saya terbangun dan bertanya ke deden apakah ada yang memanggil saya karena saya mendengar suara seseorang, tapi sekali lagi deden berkata bahwa tak ada seorangpun yang memanggil.

hari itu saya pulang kerumah dengan perasaan waswas, tak biasanya hal ini terjadi kepada dirisaya, saya beru menyadari kalau hal aneh ini telah terjadi semenjak saya foto pada hari minggu.

saya duduk dikamar seorang diri, mencoba search diinternet tentang berat dibagian leher dan panas dipunggung. pada awalnya saya hanya mendapatkan beberapa web dan artikel tentang penyakit
dan saya percaya bahwa saya hanya sakit biasa, tapi begitu ditelusuri hingga kehalaman berikutnya maka muncul artikel-artikel tentang makhluk ghoib, gangguan jin, gangguan setan,dsb

saya memutuskan untuk membuka salah satu artikel yang berbau ghoib tersebut (P.S pada hari sebelumnya saya telah kedokter dan telah diberi obat)
yap,salah satu ciri-ciri yang saya baca adalah punggung panas dan leher terasa berat..adapun gangguan2 yang tertulis pada web tersebut tapi tidak saya alami adalah terdengar suara benda jatuh dari loteng pada saat malam. (Who give a damn?)\

Dikarenakan saya adalah orang yang suka dengan media sosial, maka pada kesempatan itu saya menulis status "Kayaknya ada yang aneh nih sama gue" di twitter, dan mencoba bertanya pada teman saya bernama Labieb, tapi karena saya berfikir bahwa pertanyaan saya kurang masuk akal maka saya membatalkan niatan tersebut.

"ini adalah chat history saya dengan labib pada saat itu"


karena saya bingung harus bercerita kepada siapa maka saya memutuskan untuk bercerita kepada ayah saya, ayah saya yang terlalu mempercayai hal-hal seperti itu langsung berbicara tentang makhluk ghoib dan sebagainya, saya hanya tersenyum sinis dan berkata "haha gak masuk akal, jadi pengen liat"

obrolan saya dan ayah saya tampak kurang berhasil bagi saya karna malah menakut-nakuti. kala itu pukul 10 malam dan saya memutsukan untuk tidur

Jumat (Pukul 02:00 dini hari)

Saya terbangun dari tidur lantaran tangan kanan saya yang terasa kaku akhir-akhir ini telah ada diatas pipi saya, saya masih setengah sadar kala itu jadi saya tidur kembali.
beberapa menit kemudian saya terbangun untuk kedua kalinya lantaran tangan kanan saya telah ada diposisi pipi saya lagi. saya tak perduli karna saya mengantuk dan saya memutuskan untuk tidur.

pukul 03:00 dini hari.
saya terkejut karena saya mendengar bunyi benda besar jatuh tepat diatas loteng kamar saya, seperti seseorang yang membanting pintu mobil dengan keras. pandangan saya agak kabur ketika itu karena kondisi lampu kamar yang saya matikan jika tidur. saya terdiam sejenak dan pada akhirnya marasa aneh karena entah kenapa tiba-tiba seluruh badan saya tak bisa digerakan.

percaya atau tidak tiba-tiba tangan kanan saya bergerak kearah pipi saya dengan perlahan tapi seluruh tubuh yang lain tak bisa digerakan.
saya histeris kala itu, saya berontak dan akhirnya seluruh badan saya bisa digerakan, saya berlari kekamar orang tua saya yang sedang tertidur, saya berteriak kearah mereka berdua dengan tubuh berkeringat dan gemetar.
mereka kaget dan ayah saya langsung memegang bahu saya, tiba-tiba dia berkeringat dan matanya melotot, dia tertawa tiba-tiba, saya masih ingat tawanya yang berat dan keras.
ayah saya tertawa keras denga posisi kedua tangan berada di leher saya, yang bisa saya lakukan hanya meminta tolong kepada ibu saya untuk menelfon om dedi (paman saya) agar segera datang membantu.

kemudian ibu memberikan al-quran tepat dipangkuan ayah saya yang tertawa, tiba-tiba ayah saya berhenti tertawa dan membacakan ayat kursi, pada saat itu saya menangis seperti anak kecil yang ketakutan. lantunan ayat kursi dibacakan keras oleh ibu dan ayah saya. sampai akhirnya tangan saya terasa seperti bergerak dan ada yang menjalar didalamnya.

sekitar 5 menit ayat kursi dibacakan tiba-tiba ayah saya seperti tersentak dan kemudian dia berlari kearah ruang tengah. dia bilang jin nya sudah pergi, tapi bisa kembali lagi. badan saya sudah tak berat pada saat itu. leher saya sudah normal dan keadaan mulai membaik.

tak lama om dedi (paman saya) datang karna tadi ibu menelfon beliau, dia datang dan bertanya-tanya ada apa dan mengapa ibu minta tolong dan beliau (om dedi) meminta maaf datang terlambat lantaran disaat yang sama jasmine (model saya dan anaknya om dedi) melihat sesosok wanita yang membuatnya ketakutan dan membuat panik dia beserta keluarga.

singkat cerita malam berganti pagi .. kala itu masih hari jumat pukul 10:00 pagi adik dari nenek saya (ibu dari mustika) datang kerumah memberi tau bahwa jumat pagi tadi pukul 03:00 mustika tiba-tiba mengamuk dengan bahasa yang tidak jelas atau bisa dibilang kesurupan. jadi intinya pada hari jumat jam 03:00 pagi kita semua mengalami hal yang sama.

3. Ulang Tahun Deden


Salah satu foto yang gak saya lupa juga, yup karna ini pertama kalinya saya memberikan hadiah foto kepada sahabat saya.  Dari dulu ketika sahabat saya ada yang berulang tahun yang saya berikan hanya sebuah kue ataupun hadiah-hadiah yang bisa dipakai. tapi pada kesempatan kali ini saya ingin sesuatu yang bisa dikenang dan tak bisa dipakai. karna saya hawatir sesuatu yang dipakai akan rusak pada akhirnya dan dilupakan secara tidak sengaja.

foto adalah sesuatu yang saya fikirkan pada saat itu, saya berfikir bahwa nantinya karya saya akan dipajang dan tidak akan rusak karna foto bisa berumur cukup panjang.

Seminggu sebelum ulang tahun deden saya mengajak dirinya untuk berfoto (tanpa memberi tahu bahwa foto ini untuk hadiah ulang tahunnya) kami memutuskan untuk mengambil tema Pejalan kaki (ala new yorker) dengan imanjinasi (seseorang pria yang baru pulang/berangkat berkerja), Sesi pemotretan memakan waktu kurang lebih 4 jam lebih.


Seminggu kemudian tepatnya tanggal 26 December (H-1 sebelum ulang tahunnya 27-Desember), deden main kerumah saya dikawasan Depok. pada kala itu saya sedang membungkus foto dia yang telah jadi (dengan terpaksa saya sembunyikan dikamar). dan kami bercakap-cakap selayaknya tak ada yang terjadi

malam itu tanggal 26-Desember-2013 Deden pulang dari kediaman saya pukul 10:00. saya langsung bergegas kembali mengikat foto yang tadi saya siapkan dengan kardus, saya meminta bantuan ibu saya untuk mengikatkanya juga pada badan saya karna saya akan membawa kado i
tu ke rumah RANNI pada pukul 11:00 malam.


malam itu pukl 10:30 tanggal 26-Desember saya berangkat dengan motor dan bingkai besar dipunggung seorang diri ke kediaman ranni yang memakan waktu hampir 1 jam perjalanan. kemudian dilanjut pergi ke rumah deden dikawasan bintaro dan tiba disana tepat pukul 11:50.

pada pukul 00:00 27-Desember-2013 kami berencana mengagetkan deden dirumahnya, tapi malangnya rumahnya sepi dan nampaknya mereka semua tertidur. kami terpaksa memanjat pagar dengan bantuan kursi dari tante nya deden yang tinggal disebelah rumah deden.

saya memutuskan untuk membuka hordeng kamarnya dari sela-sela ventilasi/fentilasi .tapi alangkah kagetnya ternyata deden telah tertidur pulas. kami gedor-gedor tapi nampaknya bocah malang ini telah lelap dalam tidurnya sehingga kesulitan dibangunkan.

Ranni (yang masih menggunakan jaket serta helm hitam)  kemudian mencoba menggedor-gedor jendela kamar deden dengan naik kekursi. tiba-tiba deden terbangun dan terkejut melihat sosok ranni dijendelanya. deden sontak kaget dan teriak histeris dengan memanggil "MAMA..MAMAAAAAAAAA" (oh tuhan sungguh memalukan untuk anak laki-laki berusia 19 tahun)

sadar kami adalah temannya dia kemudian keluar dan akhirnya kami memberi kejutan sesuai dengan yang direncanakan.























4. Ban Bocor setelah Pulang Berfoto



Sungguh naas nasib saya pada saat itu, kami memutuskan untuk berfoto diaera persawahan, kami menggunakan motor agar gampang diakses.
ketika proses pemotretan sedang berlangsung saya melihat segerombolan anak remaja duduk diatas motor saya sambil menonton, saya tak menghiraukan pada saat itu karna sedang asyik berfoto.
beberapa jam kemudian proses pemotretan telah selesai, kami memutuskan pulang..alangkah kagetnya melihat sepeda motor saya telah terbalik dengan dua ban kempes hingga tak bisa jalan. dan harus mendorongnya melewati area yang dipenuhi anjing liar.

(P.S dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. semoga engkau mendengar doa orang teraniaya ini. saya berharap supaya pelaku yang melakukan hal ini diberikan balasan yang lebih berat dari apa yang saya rasakan,,semoga tangannya terlindas truk..AMIN)

5. Hunting di YOGYAKARTA 

Tak ada kata yang bisa menceritakan kebahagiaan ini kembali :') ..just smile and tears.....god i miss it... tanggal 27 bulan Agustus 2014-2 September 2014 kita berada di Jogja untuk liburan dan hunting foto

 







6. Maternity Shoot Pertama



Tak ada yang paling mengasyikan selain hal seru yang dirasakan pertama kali :)

7. Ditahan dan dibawa ke Markas TNI 

Sayangnya pada yang ke 7 ini saya belum bisa menampilkan foto-fotonya dikarenakan perjanjian yang saya buat dengan TNI. pada hari kamis (saya lupa tanggalnya) kami berencana berfoto ditempat lapangan terbuka yang memang masih zona terlarang milik negara yang bersebelahan dengan markas TNI

ketika proses pemotretan berlangsung tiba-tiba ada dua tentara yang datang menghampiri dan langsung membentak serta merampas kamera saya, kami (saya dan rekan2) dibawa kemarkas TNI untuk di introgasi dibagian POVOS karna dinilai berpotensi sebagai mata-mata, terorris, serta anggoa isis dan semacamnya.

kami diintrogasi dengan penuh ketegasan pada saat itu. saya ingat sempat beberapa kali hati ini ingin copot rasanya karna hentakan para prajurit yang mencoba mengintrogasi kami.

selesai di introgasi dibagian POVOS kami lanjut diintrogasi pada bagian Intel . disitu kami diintrogasi dengan lembut dan penuh keramahan. namapaknya pihak intel tau bahwa kami bukanlah orang jahat dan tak bermaksud jahat. akhirnya mereka coba mendiskusikan dengan syarat bahwa beberapa foto dihapus dan tidak boleh dipublikasikan

hal itu saya anggap wajar mengingat itu memang kesalahan saya dalam memasuki zona terlarang negara dan saya sepakat untuk menyudahi kesalah pahaman ini dengan menghapus serta tidak mengupload foto-foto tersebut.





Balensphotography

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About me

Search This Blog

Like Us

top navigation

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram