Hey Cat... (From dumay to real Hay)


MODEL : CATTIE MONICA



2015 merupakan tahun yang banyak memberikan berbagai pengalaman unik pada saya, dari petualangan yang belum pernah saya lakukan sebelumnya hingga bertemu banyak orang-orang yang memberikan kesan tersendiri dalam hidup.

31 Desember 2015 menghadirkan moment unik sebagai penutup tahun ini. Bagaimana tidak, seseorang yang telah lama saya kenal hanya lewat sosial media akan datang kerumah saya. 
Kami akan melakukan sesi foto sebagai buah kenang-kenangannya datang ke Jakarta dan bertemu saya.

Cattie Monica, itulah nama yang kurang lebih 6 tahun saya kenal hanya dari sosial media. Entah merupakan nama asli ataupun nama "beken" dikarenakan dirinya yang dulu pernah menjadi penyiar salah satu radio di Tegal yang kini saya baru mengetahui bahwa radio itu merupakan radio terbesar di Tegal.

Selama pertemanan kami di sosial media, Cattie cukup sering memberikan komentar kepada setiap foto yang saya posting. Perkenalan yang teradi dari sebuah "Grup Fandom" di Facebook membuat kita menjadi teman dumay yang bukan hanya sekedar "Follow" tapi lebih seperti teman normal pada umumnya, akrab namun tidak pernah bertemu.

Selain hanya berdasarkan pertemanan dari sosial media, Jarak kota tempat kami tinggal pun cukup jauh. Cattie di tegal sementara gue berada di depok.

Kembali ke 31 Desember, Pagi itu pukul 06:00 saya mengirimkan BBM kepada Cattie agar tidak datang terlambat. Dia perlu sampai ke kediaman saya lebih pagi dikarenakan beberapa faktor.

Pada pukul 10:00 Cattie memberi kabar bahwa dia telah sampai disatu jalan tidak jauh dari rumah saya, Saya memeberi tau kepadanya untuk menunggu karna beberapa kali dia sedikit kebingungan tentang rute yang dilalui.

Dengan motor saya melihat dari kejauhan seorang wanita memakai helm, jacket, dan skinny jeans menunggu dipersimpangan jalan dengan seorang laki-laki yang saya ketahui adalah kekasihnya.
"hey Cat.." yang membuatnya menoleh dan menjulurkan tanggannya untuk berjabat tangan.

Sesampainya kami dirumah tidak langsung melakukan sesi foto, kami sedikit berbincang-bincang seara langsung untuk yang pertama kali. "It's kinda weird and awkward" saya membantin, untuk pertama kalinya bertemu dengan seseorang yang telah lama tau tapi juga baru benar-benar mengetahui bagaimana suara asli serta gelagat mereka dan kini mereka berada di rumah saya, di ruang tamu saya.



Kecanggungan tidak berlangsung lama, Cattie yang supel bisa memecah sedikit ketegangan yang terjadi diantara kami. Logat jawa yang khas dan suasaranya yang cukup untik menambah kesan seru pada pertemuan kami kali ini, termasuk tingkahnya yang selalu memanggil ibu saya dengan sebutan "mama Riri" dikarnakan menurutnya mirip Rihanna.

Cattie datang dengan membawa tas berisi beberapa baju yang akan digunakan, Sekitar awal tahun 2015 kami pernah membicarakan bahwa Cattie akan ke Jakarta dan dia meminta saya untuk melakukan sesi foto bersama bila saat itu datang, Dan sekarang kami duduk bersama dalam satu ruangan untuk menentukan baju mana yang terlebih dahulu dipakai dalam sesi foto ini.

Tak perlu basa-basi terlalu lama bagi untuk memulai sesi foto, Cattie segera mempersiapkan makeup dan hal yang diperlukan lainnya. Di tengah proses makeup saya berbicang dengan imam (cattie's boyfriend), Imam yang bekerja didaerah tangerang menceritakan sedikit tentang aktivitasnya sekarang ini.

Terdapat sekitar empat sesi foto berdasarkan jumlah pakaian yang dibawa, kami sempat beristirahat dan makan siang sejenak. Diruang tengah sambil menikmati makanan rumahan sederhana kami sedikit berbicang tentang aktivitas cattie yang sekarang sudah tidak siaran serta salah satu event yang pernah dia lakukan seperti modeling kebaya dan memerankan lakon sebagai cleopatra.

Entah apa yang difikirkan Cattie, namun selama berada disini matanya sering tertuju kepada kumpulan frame lukisan digital Ayah saya serta foto-foto keluarga kecil ini. Cattie yang memiliki sifat apa adanya membuat saya tidak terlalu canggung atau kerepotan dalam berpenampilan untuk membuat "kesan pertama" yang baik ketika bertemu dia, saya yang hanya mengenakan celana pendek seperti kedatangan teman yang biasa dikenal dan tak perlu repot tampil rapih dan lainnya.

Menarik mendengarkan logatnya yang "Medok" mengingat tidak ada logat pada cara saya dan orang sekitar berbicara. Kami juga sempat berbicara mengenai kesan dia berada di Jakarta, bisa ditebak "macet dan padat" adalah kesan yang secara garis besar ia gambarkan dalam seluruh percakapan.

Cattie juga merupakan pecinta kucing, kurang lebih ada sepuluh ekor kucing dirumahnya dan dia beberapa kali bermain dengan kucing saya dirumah selama sesi foto berlangsung.




KONSEP FOTO
---------------------------------------


Konsep foto yang kami lakukan tidak terlalu rumit, Cattie hanya meminta mengenakan background sebagai latar. Jadi saya tidak perlu mencari banyak-banyak inpsirasi melainkan beberapa contoh catalog dan foto-foto yang ada di instagram.

Tips Memotret atau Hunting Foto Ala Catalog / Casual 
---------------------------------------------------------------------------------
Pastikan pakaian sesuai dengan tema yang telah dipersiapkan

Karna "Pakaian" pada fotografi bertema modeling atau casual bukanlah sebatas properti semata melainkan hal utama yang dipresentasikan. Karna pada modeling fotografi sebetulnya sang model mencoba mempresentasikan baju / produk yang dipakai,

Sehingga produk/baju yang mereka kenakanlah yang justru jadi POI yang harus ditonjolkan

Pilih Background Yang Sesuai

Jika kalian ingin memberikan kesan "narasi" ataupun cerita seperi halnya fotografi ala editorial,maka kalian bisa mencoba background outdoor ataupun lokasi yang telah disetting sedemikian rupa sehingga masuk dalam konsep yang telah dipersiapkan

Jika ingin mencoba kesan "Katalog" biasanya background berupa latar yang polos dengan warna sesuai dengan tema, bisa hitam, putih,abu ataupun dinding pada bangunan yang bisa dijadikan latar

Pilih Palet Warna Yang Sesuai

Tentulah warna foto juga harus sesuai dengan tema yang telah dipersiapkan, tidak lucu bukan bila model dan pakaian telah disetting dark dan gotik namun palet warna pada foto dibuat menjadi colorful atau girly terkecuali jika kalian ingin memberikan kesan kontras antara sang model dan keadaan pada foto.
Foto yang indah tidak selalu soal colorful, warna yang lebih tenang seperti pastel atau terkesan fade hampir hitam putih pun ciamik jika diolah, begitupula dengan warna-warna dark ataupun monochrome yang bisa membuat kesan dramatis








ASK AND ANSWER (Because ask and answer is not only for Celebrity, we can do this for fun)

Balens : Tiga kata tentang diri loe
Cattie : Simpel, Supel, Lovable *Freaky Smiley*

Balens : Perempuan itu harus...
Cattie : Perempuan itu harus pinter dong, karena perempuan kan menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Balens : Manja atau mandiri
Cattie : Mandiri, Hidup bergantung sama orang lain itu gak enak....

Balens : Simple thing that makes you happy
Cattie : Cuddling with Cats

Balens : Apa yang cowok gak tau tentang cewek
Cattie : Cowok gatau rasanya kalau cewek lagi PMS, kalo dijelasin panjang. HAHAHA

Balens : Aktivitas Favorit sehari-hari
Cattie : Dancing, Singing, Presenting

Balens : Motto hidup lo?
Cattie : Memberi tidak akan membuatmu miskin ( *She's gewd AF*)

Balens : Bebas lakuin apapun asal gak ngelanggar hukum atau hidup penuh aturan dari orang lain?
Cattie : Bebas lakuin apa aja tapi masih tetep melihat aturan, karena kita hidup itu gak sendiri. Jadi harus menempatkan diri kita sesuai dengan lingkungan kita hidup (*remember this*)

Balens : Jelaskan suasa tegal yang gak orang lain (Diluar tegal) tidak tahu ..

Cattie : Tegal itu deket kemana aja, dari laut ke gunung cukup satu jam perjalanan dan banyaaaak tempat wisata sama kuliner yang memorable. Mulai snorkling sampe berendem air panas, makan enak sampe kekenyangan, atau mau berkunjung ke rumah wayang juga bisa. FYI, Bupai tegal adalah seorang dalang yang udah go Internasional bahkan dapat gelar Doktor dr salah satu universitas di Amerika dan filipina ( PERCAYA .... Indonesia kekayaan alam and budayanya udah pasti lah)

Balens : Kesan foto sama Balens Photography

(FYI. the answer for this question ini real gak dipaksa *entahlah* ..so don't judge me)

Cattie : Terkesan bingits, difoto sama fotografer yang udah lama gue idolain (dia bohong). It feels like i met the master  Bisa liat langsung karya fotografinya, yang ternyata lebih luar biasa amazing dari yang terlihat di foto facebook atau instagram . Konsep fotonya juga cenderung simple. tapi deep meaning dan jauh dari kata Sexy is "terlihat murah" nanti nilai fotografinya jadi gak mahal lagi. But thanks a bunch buat sambutan luar biasa dari iqbal dan keluarga. ibu yang udah masakin enak. Direpotin sama gue sampe gajadi ke Anyer...maybe someday we'll meet again in a very blessed moment








---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


































keywords : Hunting Foto Casual, Tema hunting foto, Fotografi kasual, Photograph, Tema Casual, Modeling Photography, Foto Gotic , 

Balensphotography

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About me

Search This Blog

Like Us

top navigation

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram